Home > elektro > Media pembelajaran modern

Media pembelajaran modern

January 11th, 2014

Tablet untuk presentasi

Tablet untuk presentasi

Bagi para pengajar penggunaan LCD projector sudah lumrah, guru atau dosen bisa menggunakan PC atau Notebook/Laptop yang dihubungkan dengan LCD Projector melalui port VGA dan menghubungkan output audio ke sound system, dengan demikian penyampaikan materi menjadi lebih menarik dengan slide power point, gambar atau film. Belakangan Laptop tidak memiliki port VGA tetapi HDMI, untuk itu diperlukan konvertor HDMI ke VGA, port HDMI ini ada yang mikro (pada HP), mini (pada tablet) dan normal (pada Laptop), ini hanya ukurannya saja, tetapi diperlukan konektor untuk konversi diantaranya.

Saat ini ramailah pengguna Tablet, nah ini akan lebih praktis lagi, karena selain harganya murah, juga ringan dijinjing, carilah tablet yang ada output HMDI nya, biasanya berupa mini HDMI, diperlukan konektor ke HDMI biasa untuk bisa konek ke TV (yg ada input HDMI), atau diperlukan HDMI to VGA coverter, carilah converter yang ada output audionya, soalnya kalau HDMI dihubungkan, maka output audio pada tablet menjadi tidak keluar suara. Nah VGA bisa dihubungkan dengan projector dan output audio bisa dihubungkan dengan sistem audio di kelas, jadilah bisa muter film dll.

tampilan di layar

tampilan di layar

Pada kebanyakan presentasi menggunakan power point, its ok, tapi banyak program presentasi lainnya. Anda juga bisa merekam layar dan suara anda, ditambahi gambar-gambar, pendeknya dibuat avi dengan piranti lunak screen recorder dan yang lain (lihat postingan lain). Begitu di kelas tinggal putar, tidak cape, terutama yang punya kelas paralel banyak. Aplikasi android untuk baca ppt juga banyak, diantaranya kingsoft, office suite dll, untuk pemutar video, banyak seperti bdplayer, moboplayer atau pemutar video bawaannya

Bagi yang bosen nulis di papan tulis, anda bisa pasang aplikasi drawing atau sketch di tablet anda, dan tinggal tulis disitu, praktis, tetapi kalau nulisnya pakai jari, agak susah, tulisannya kasar dan besar-besar, harus pakai pena yang ujungnya lancip, nah ujung lancip untuk layar kapasitip agak susah nyarinya, tetapi ada dan agak mahal, kebanyakan yang murah itu bujel ujungnya. Alternatif lain adalah dengan menggunakan pad, ini menggunakan pena dan tempat menulis yang terpisah, tetapi setahu saya hanya jalan di PC, yang jalan di Tablet modelnya pakai scanner, ditaruh diatas kertas biasa, nah kalau nulis dikertas dengan pena khusus, dilayar juga akan terekam, sayang barang ini masih mahal….

eop–

 

 

Categories: elektro Tags: , , ,
Comments are closed.