About

September 30th, 2010

Assalamualaikum, Wr. Wb.

Dengan mengucap syukur kehadirat Allah SWT atas segala rachmat dan karunia Nya, diselesaikan penelitian dengan judul; PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM INFORMASI KERJA PRAKTEK DAN TUGAS AKHIR di TEKNIK ELEKTRO. Penelitian yang akan menghasilkan perangkat lunak sistem database berbasis WEB yang diaplikasi di Teknik Elektro dalam membantu mahasiswa, koordinator KP TA dan dosen dalam melaksanakan proses Kerja Praktek dan Tugas Akhir.

Untuk semua bantuan dan dukungan dari siapa saja yang telah membantu diucapkan banyak terima kasih, semoga hasil penelitian ini dapat berguna bagi siapa saja yang memerlukannya.

Wassalamalaikum, Wr. Wb.

Semarang, 01 Agustus 2010

sdj_batik_item

 
 
 
 
 

RINGKASAN

Sistem Informasi Kerja Praktek (KP) dan Tugas Akhir (TA) di Jurusan Elektro sudah dibangun sejak tahun 1998, terakhir adalah menggunakan perangkat lunak Foxpro. Dari Sistem Informasi tersebut mahasiswa dapat melakukan proses yang terkait dengan kerja praktek dan tugas akhir, misalnya cetak form pengajuan kerja praktek, absensi lapangan, mendapatkan nilai atau formulir yang terkait dengan tugas akhir misalnya pemesanan judul tugas akhir, jadwal ujian, nilai ujian dsb. Koordinator KP dan TA dapat memonitor mahasiswa melalui program ini proses-proses KP dan TA yang sedang berjalan, serta melakukan langkah-langkah prosedur KP dan TA sesuai dengan aturan yang ada.

Sejalan dengan berkembangnya infrastruktur IT yang ada di Undip, kiranya perlu migrasi dari sistem database yang berdiri sendiri dalam satu komputer menjadi database yang berbasis WEB, mengingat Undip sudah memiliki webserver sendiri dan sistem informasi akademik sudah berjalan baik. Migrasi dari program lama menjadi program baru yang berbasis WEB ini diperlukan penelitian dan selanjutnya akan diaplikasikan dalam KP dan TA di Jurusan Teknik Elektro sebagai bagian yang sangat penting dalam proses belajar mengajar.

Hasil penelitian berupa perangkat lunak dan sistem database berbasis WEB yang terkait dengan SIA, yang akan di aplikasikan di Jurusan Elektro, sehingga mahasiswa dan koordinator KP TA dapat menjalankannya melalui internet, dimana saja dan kapan saja, selama ada koneksi internet.

Comments are closed.