English version

Tata Pamong

Struktur dan Suasana Organisasi

Struktur organisasi, pembagian dan rincian tugas tata pamong di Jurusan Teknik Elektro dapat dilihat pada struktur organisasi Jurusan Teknik Elektro dan PP No. 60/1999 pasal 50-53 (lampiran G2 dan G3), pada “Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional” struktur organisasi tidak diatur (lampiran G1). Pelaksanaan PBM akan mengacu pada aturan yang ditetapkan oleh Fakultas dan Universitas.

Personil Beserta Fungsi dan Tugas Pokoknya

Dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Ketua Jurusan tidak hanya dibantu oleh Sekretaris Jurusan, namun juga dibantu oleh dosen-dosen yang ditunjuk sebagai Koordinator, antara lain koordinator akademik, kerja praktek, tugas akhir, penelitian, pengabdian masyarakat, serta perpustakaan dan majalah. Selain itu, juga ditunjuk dosen-dosen sebagai ketua dan sekretaris laboratorium. Penugasan jabatan-jabatan tersebut dilakukan melalui mekanisme pemilihan yang menjadi agenda Rapat Kerja Jurusan (RKJ) Teknik Elektro setiap 4 tahun sekali.

Sistem Kepemimpinan, Pengalihan (Deputizing) serta Akuntabilitas Pelaksanaan Tugas

Pengelola Jurusan Teknik Elektro dalam mengimplementasikan sistem kerja yang berlaku di jurusan, secara transparan telah dilengkapi dengan peraturan-peraturan akademis yang berlaku. Namun, sampai saat ini Jurusan Teknik Elektro telah mempunyai Gugus Kendali Mutu (GPM) yang berfungsi khusus untuk mengkaji dan mengendalikan kualitas semua program di jurusan, dalam usaha pencapaian sesuai dengan visi dan misinya (Sk tim gpm terlampir pada lampiran G 3). Adapun mengenai pengalihan wewenang dibicarakan secara demokratis dalam RKJ. Segala keputusan yang bersifat strategis diambil melalui RKJ.

Partisipasi Civitas Academica dalam pengembangan kebijakan, serta pengelolaan dan koordinasi pelaksanaan program.

Segenap civitas mempunyai tanggung jawab dalam pengembangan kebijaksanaan, pengelolaan dan pelaksanaan program.  Secara berkala Fakultas melaksanakan rapat RKF (Rapat Kerja Fakultas) dan rapat senat fakultas, yang selanjutnya diteruskan ke RKJ di tingkat jurusan untuk mengimplemen­tasikan kebijakan dan memperoleh masukan dari forum dosen.

Secara berkala tiap kelompok dosen dan assisten di laboratorium juga mengadakan rapat untuk koordinasi pelaksanaan program praktikum dan penelitian yang menggunakan Lab.  Forum-forum lain adalah rapat koordinasi rencana perkuliahan  awal semester dan pelaksanaan ujian semester serta forum komunikasi dengan mahasiswa. Pada kegiatan-kegiatan tertentu dibentuk panitia ad hoc seperti panitia ujian semester.

Perencanaan program jangka panjang (Renstra) dan monitoring pelaksanaannya sesuai dengan visi, misi, sasaran dan tujuan program.

Mekanisme pengembangan di Jurusan Teknik Elektro  mengikuti pola POACE (Planning, Organizing, Action, Controlling and Evaluation) yang terdapat dalam portfolio Fakultas Teknik – Universitas Diponegoro. Melalui mekanisme ini, Jurusan Teknik Elektro telah diminta untuk membuat Rencana Strategis 5 tahun ke depan dengan rincian kegiatan pertahunnya (lihat dan Lampiran G5).

cara menghilangkan jerawat cara menghilangkan bekas jerawat cara menghilangkan komedo obat herbal diabetes obat herbal kanker payudara obat herbal stroke
multimeter digitalmultimeter digital alat ukur digital jasa kalibrasi alat ukur instrument digital pusat kalibrasi alat ukur industri alat ukur listrik digital jual alat ukur listrik alat ukur alat ukur listrik alat ukur digital jual multimeter digital