English version

Kurikulum

Kesesuaian dengan visi, misi, sasaran, dan tujuan

Visi, misi Program Studi Teknik Elektro tidak lepas dari visi dan misi Undip , yakni Menuju Program Studi yang unggul dalam keilmuan dan riset di tingkat internasional pada tahun 2020 dan salah satu misinya adalah Menyelenggarakan pendidikan teknik elektro yang unggul untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.
Atas dasar visi dan misi diatas, maka dalam kurikulum tercakup dalam mata kuliah yang membekali mahasiswa dengan jiwa penelitian seperti metodologi penelitian, tugas akhir, serta kewajiban mahasiswa mempublikasikan tulisannya di jurnal ilmiah. Agar lebih intensif dan fokus, mata kuliah tugas akhir dit empatkan di semester 8.
Kesesuaian kurikulum program studi dengan visi, misi, tujuan, dan sasarantelah dijalankan dengan cara melakukan workshop–workshop pengembangan kurikulum yang dilakukan pada tahun 2011 -2012. Dari hasil workshop tersebut menghasilkan kurikulum baru yang mulai dilaksanakan pada tahun ajaran 2012/2013. Dalam melakukan penyusunan kurikulum, Program Studi Teknik Elektro mengacu pada :

  1. Peraturan yang dibuat oleh Menteri Pendidikan Nasional dalam SK No 045/U/2002 Tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi 
  2. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No 232/U /2000 Tentang pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa.
  3. Standar Pedoman Pengelolaan Program Studi Teknik Elektro yang disusun oleh Forum Pendidikan Tinggi Teknik Elektro Indonesia (FORTEI) . Home page http://fortei.org/
  4. Standar Isi Perguruan Tinggi berdasar pleno BSNP tanggal 19 November 2010.
  5. Standar kompetensi menurut KKNI 2010
  6. Asean University Network (AUN) : www.aunsec.org 
  7. Acreditation Board for Engineering and Technology (ABET), sebuah lembaga akreditasi pogram pendidikan tinggi bidang ilmu terapan, komputasi dan keteknikan yang mengeluarkan Criteria for Accrerditing Engineering Program ABET.2011 for Electrical Power Enginering. Home page: www.abet.org. 
  8. UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  9. Peraturan Rektor Universitas Diponegoro Nomor 209/PER/UN7/2012 tentang Peraturan Akademik Bidang Pendidikan Universitas Diponegoro.
  10. Kepmen. ESDM, No.2052.K/40/MEM/2001 tentang standar kompetensi
  11. Curriculum Development S1 Engineering Programs in Indonesia DR.Malcoln.J.John (Editor), Engineering Education Development Project (EEDP) ADB Loan 142 INO

Acuan diatas menunjukan bahwa kurikulum Program Studi Teknik Elektro telah mengacu kepada standar kompetensi yang berlaku secara nasional dan internasional.
Visi misi Program Studi Teknik Elektro yang berorientasi ke masa depan membawa konsekuensi kurikulum mengadopsi perkembangan tren masa depan, sehingga kurikulum Program Studi Teknik Elektro telah mengadopsi beberapa perkembangan ilmu pengetahuan di masa datang seperti mata kuliah kapita selekta, pengantar nano teknologi, VLSI, Sistem Smart Grid, Plasma Tegangan Tinggi, Rekayasa Internet, Kontrol Remote dan Telemetri.

Relevansi dengan tuntutan dan kebutuhan stakeholders.

Perkembangan yang cepat di bidang teknik elektro haruslah diikuti dengan kurikulum yang senantiasa terbaharui, akan tetapi terlalu cepat merubah kurikulum juga tidak menguntungkan mahasiswa dan manajemen, solusi tepat adalah penyesuaian isi (content – silabus) dari tiap mata kuliah disesuaikan dengan perkembangan ilmu dan teknolgi.

Kurikulum pendidikan di Program Studi Teknik Elektro dapat dikatakan telah relevan dengan tuntutan dan kebutuhan stakeholders. Para penyusun kurikulum di tingkat prodi telah melibatkan stakeholders baik internal maupun eksternal (termasuk tracer study) dalam mengidentifikasi dan menentukan kompetensi yang diharapkan dari lulusan dalam beberapa kegiatan

Struktur dan Isi kurikulum.

Struktur kurikulum prodi di lingkungan Undip telah mengacu pada beberapa referensi seperti Buku Panduan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (Dirjen Dikti, 2008) dan PP Nomor 17 tahun 2010 pasal 97 ayat (1). Tahapan dalam penyusunan kurikulum yang telah diimplementasikan disajikan pada Gambar E.2 pada evaluasi diri

Pada tahun 2012 telah digunakan kurikulum baru sebagai penyempurnaan kurikulum 2007 dengan jumlah SKS sebanyak 144 SKS dengan 5 konsentrasi.

  1. Teknik Energi Listrik
  2. Teknik Telekomunikasi
  3. Teknik Elektronika
  4. Kontrol dan Instrumentasi
  5. Teknologi Informasi

dengan distribusi mata kuliah sebagi berikut;

  • Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) sebanyak 12 SKS.
  • Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) sebanyak 64 SKS.
  • Mata Kuliah Berkarya (MKB) sebanyak 60 SKS.
  • Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) sebanyak 3 SKS.
  • Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) sebanyak 5 SKS.

Kompetensi dan etika lulusan yang diharapkan.
Lulusan dari Jurusan Teknik Elektro diharapkan dapat memiliki integritas kepribadian yang tinggi sebagai sarjana, tanggap terhadap kemajuan ilmu dan teknologi untuk pemecahan masalah, menguasai metode ilmiah untuk pemecahan masalah secara sistematik, mampu berkomunikasi dan bekerja sama dengan keahlian di bidang lain serta berkompetensi di dalam menyumbangkan pikiran pada pembangunan daerah dan nasional.

Derajat Integrasi materi pembelajaran.
Derajat integrasi materi pembelajaran yang telah dilakukan di Jurusan Teknik Elektro,  merupakan hasil dari penjabaran yang ada pada kurikulum nasional serta ditambah dengan kurikulum muatan lokal.

 

Kurikulum lokal yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat terdekat dan kepentingan internal lembaga.
Kurikulum lokal yang diimplementasikan dalam satu paket pembelajaran bagi calon sarjana Teknik Elektro, disesuaikan dengan karakteristik kebutuhan peng­guna. Rancangan dan isi kurikulum lokal serta pembahasannya, telah meng­akomodasi masukan dari instansi/perusahaan setempat.

 

Mata kuliah pilihan yang merujuk pada harapan/kebutuhan mahasiswa secara individual/kelompok mahasiswa tertentu.
Mata kuliah pilihan menjadi fokus dari perbaikan silabus/SAP yang dilakukan secara periodik. Masukan dari alumni dan instansi terkait selalu diakomodasi untuk penyempurnaan mata kuliah pilihan tersebut. Mata kuliah pilihan disediakan untuk lebih meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai topik yang diminati.

 

Peluang bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri: melanjutkan studi, mengembangkan pribadi, memperoleh pengetahuan dan pemahaman materi khusus sesuai dengan bidang studinya, mengembangkan ketrampilan yang dapat dialihkan (transferrable skills), terorientasikan ke arah karir, dan pemerolehan pekerjaan.

Kurikulum yang disusun oleh Jurusan Teknik Elektro sudah mengacu penuh pada Kurikulum Nasional, dan juga mencakup serta memperhatikan adanya kebutuhan daerah (muatan lokal). Dengan kurikulum seperti ini, peluang pasar tidak hanya di lingkup regional saja. Hal ini lebih jauh akan memberikan peluang seluas-luasnya kepada mahasiswa dalam menata karier selanjutnya, seperti melanjutkan studi, mengembangkan pribadi, memperoleh pengetahuan dan pemahaman materi khusus dengan bidang studinya, mengembangkan transferable skills, terorientasikan ke arah pekerjaan karir dan memperoleh pekerjaan.

cara menghilangkan jerawat cara menghilangkan bekas jerawat cara menghilangkan komedo obat herbal diabetes obat herbal kanker payudara obat herbal stroke cara mengecilkan perut setelah melahirkan manfaat tomat untuk menghilangkan jerawat manfaat buah alpukat untuk kulit manfaat buah pepaya untuk kecantikan manfaat buah untuk kulit manfaat pepaya untuk jerawat obat asam urat desain interior rumah minimalis
multimeter digitalmultimeter digital alat ukur digital jasa kalibrasi alat ukur instrument digital pusat kalibrasi alat ukur industri alat ukur listrik digital jual alat ukur listrik alat ukur alat ukur listrik alat ukur digital jual multimeter digital cara menghilangkan jerawat cara menghilangkan bekas jerawat cara menghilangkan komedo
download clash of clans for pc