English version

Sarana

suasana-kuliah

Pengelolaan, pemanfaatan, dan pemeliharaan sarana dan prasarana.
Pengelolaan infrastuktur yang ada di Jurusan Teknik Elektro, berada langsung di bawah kendali fakultas, jurusan mengusulkan dalam DURK dan mengawasi pada pelaksanaannya.

Pada dasarnya tidak ada gedung atau ruang kuliah yang dimiliki secara ekslusif oleh jurusan kecuali laboratorium yang spesifik, ruang administrasi dan ruang dosen. Ruang kuliah bisa digunakan oleh jurusan lain demikian juga laboratorium dan perpustakaan dapat digunakan bersama dengan jurusan lain.

Pemeliharaan dilakukan oleh fakultas dengan sesuai dengan usulan jurusan. Prosedur pelaksanaan pemeliharaan sesuai dengan aturan pedoman pengadaan barang dan jasa instansi pemerintah.

Ketersediaan dan kualitas gedung, ruang kuliah, laboratorium, perpustakaan.
Infrastruktur (sarana dan prasarana) cukup memadai, baik kuantitas maupun kualitasnya, terutama untuk Proses Belajar Mengajar (PBM). Gedung yang dimiliki Jurusan Teknik Elektro terdiri dari Gedung Administrasi (A) dan Gedung Kuliah (B) yang masing-masingnya berlantai 3. Rasio ruang terhadap mahasiswa sangat memadai, yaitu 2,206: 405 atau 5,45 m2 per mahasiswa.

Fasilitas ruang kuliah, selain perlengkapan standart, juga dilengkapi dengan AC, OHP, Komputer, LCD Projector dan sound system. Laboratorium, perpus­takaan, ruang seminar ruang ujian, lab mini bahasa inggris sudah dilengkapi dengan pendingin udara (AC) untuk kenyamanan. (Butir 6 borang).

Untuk keadaan darurat dimana catu daya PLN mati, telah disediakan genset, sehingga tidak akan mengganggu PBM.

Laboratorium di Jurusan Teknik Elektro, keempat konsentrasi memiliki sarana pendukung 5 laboratorium. Kelima laboratorium di bawah Jurusan Teknik Elektro memadai dan memiliki utilitas yang optimal dan telah memenuhi standar minimum laboratorium Teknik Elektro program sarjana yang dikeluarkan oleh DEPDIKNAS tahun 2004 (lampiran E8). Selain itu, sejumlah fasilitas lain untuk mahasiswa dapat disebutkan, antara lain: ruang HME dan biro-biro, areal parkir, sarana olahraga dan sarana ibadah.

Fasilitas komputer dan pendukung pembelajaran dan penelitian
Fasilitas perangkat keras IT di Jurusan Teknik Elektro adalah terminal akses ke LAN SIFT yang terdiri dari puluhan komputer yang terdistribusi di ruang dosen, administrasi, lab, HME, ruang kuliah, ruang seminar dan  terminal akses untuk mahasiswa. Disamping itu ada fasilitas hotspot , yang dapat diakses melalui fasilitas wifi.

SIFT (Sistem Informasi Fakultas Teknik) adalah jaringan LAN Fakultas yang memiliki fasilitas IT untuk keperluan berbagai aplikasi dan terhubung ke internet. Dengan Internet, akan menambah dan memperkaya materi perkuliah­an serta memberikan ide penelitian bagi dosen dan mahasiswa.

Salah satu aplikasi SIFT yaitu Sistem Informasi Akademik (SIA) cukup membantu untuk memperlancar proses belajar-mengajar. Sedangkan fasilitas (hardware/software) yang ada di Laboratorium di bawah Jurusan Teknik Elektro  sangat mendukung penelitian dosen dan mahasiswa.

Kesesuaian dan kecukupan sarana dan prasarana
Sistem pemanfaatan prasarana telah diatur dan ditetapkan oleh pihak fakultas, namun Jurusan Teknik Elektro diberi wewenang untuk melengkapi prasarana atas usaha sendiri, sehingga dapat menjamin keberlanjutan dari ketersediaan. Alumni dan kerjasama industri banyak membantu dalam hal melengkapi sarana yang ada, terutama untuk buku dan alat laboratorium.

Fasilitas infrastuktur untuk kegiatan akademik yang ada sekarang dan rasionya terhadap jumlah mahasiswa dan staf pengajar, masih mencukupi namun masih memerlukan peningkatan kelengkapannya agar kinerja meningkat dan lebih meningkatkan kegiatan PBM dan Tridharma Perguruan Tinggi.

Keberlanjutan pengadaan, pemeliharaan, dan pemanfaatannya.
Keberlanjutan pengadaan dan pemeliharaan dilakukan menurut ketersediaan dana rutin yang dikelola fakultas dan diusulkan oleh jurusan melalui DIPA pada tahun sebelumnya. Pada pelaksanaannya jurusan memiliki wakil di fakultas yang duduk sebagai panitia pengadaan barang dan jasa.  Melalui prosedur pengadaan barang dan jasa instansi pemerintah, pengadaan infrastruktur dan peme­liharaannya dilaksanakan.