English version

Penelitian

Tingkat produktivitas staf pengajar dalam menerima dana penelitian ini, menunjukkan hasil yang menggembirakan karena setiap tahun rata-rata 14 proposal penelitian dari berbagai macam sumber dana telah diterima. Hasil-hasil penelitian sebagian besar masih relevan dengan sasaran program studi. Demikian pula publikasi ilmiah dari para staf pengajar menunjukkan hasil yang menggembirakan, rata-rata 2,17 buah/dosen/tahunDana penelitian yang tersedia umumnya dimanfaatkan seefisien mungkin, mengingat dana penelitian yang sering dianggarkan relatif kecil daripada sasaran yang ingin dicapai.

Karya akademik dosen

Karya ilmiah yang dihasilkan sejumlah 202 selama 3 tahun terakhir. Karya ini terdiri dari makalah yang disampaikan pada seminar nasional, internasional, jurnal tingkat nasional, buku yang diterbitkan, diktat kuliah yang dipakai mahasiswa dan majalah ilmiah populer.

Berbagai usaha dilakukan untuk meningkatkan dan memfasilitasi karya akademik dosen diataranya dengan cara;

* Bekerjasama dengan penerbit buku ilmiah populer.
* Menerbitkan secara rutin majalah Jurusan Teknik Elektro, maupun majalah Fakultas Teknik.
* Berkerjasama dengan universitas lain untuk publikasi.
* Memberikan motivasi untuk penelitian dengan memberikan reward.
* Memberikan motivasi untuk ikut dalam seminar.
* Memberikan fasilitas penunjang seperti laboratorium, komputer dan internet.

PENELITIAN DAN PUBLIKASI

Kualitas produktivitas, relevansi sasaran, dan efisiensi pemanfaatan dana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

Kualitas penelitian-penelitian, baik yang mendapat dana sponsor dari pemerintah (Dikti) seperti Dosen Muda, Relevansi, DIK Rutin, maupun dari pihak lain seperti Pemda, PT PLN, Konsuil, PT TELKOMSEL, yang telah  diterima oleh dosen dengan melibatkan peran serta mahasiswa, serta mahasiswa secara langsung memperoleh sendiri dari alokasi lain.  Meskipun demikian, peranan dosen pembimbing akademis tetap merupakan keharusan dalam pengajuan proposalnya.

Tingkat produktivitas staf pengajar dalam menerima dana penelitian ini, menunjukkan hasil yang menggembirakan karena setiap tahun rata-rata 14 proposal penelitian dari berbagai macam sumber dana telah diterima.  Hasil-hasil penelitian sebagian besar masih relevan dengan sasaran program studi. Demikian pula publikasi ilmiah dari para staf pengajar menunjukkan hasil yang menggembirakan, rata-rata 2,17 buah/dosen/tahun.( butir 17.a borang) Dana penelitian yang tersedia umumnya dimanfaatkan seefisien mungkin, mengingat dana penelitian yang sering dianggarkan relatif kecil daripada sasaran yang ingin dicapai.

Agenda, keberlanjutan, diseminasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masysrakat.

Setiap staf pengajar mempunyai agenda tersendiri sesuai dengan bidang keahliannya, dengan tidak keluar dari koridor yang telah ditentukan. Setiap tahun semangat untuk mengadakan penelitian dan pengabdian dipacu oleh tawaran penelitian, pengabdian baik dari dana rutin maupun dari dana Depdiknas dan dari dana-dana instansi lain yang mau bekerjasama.

Kegiatan penelitian dan pengabdian dengan dana besar dapat dibagi dalam penelitian dan pengabdian yang kecil, sehingga akan menjadi penelitian dan pengabdian berkesinambungan selama beberapa tahun.

Peran aktif staf pengajar dalam berbagai seminar dan publikasi hasil penelitian pada berbagai jurnal ilmiah merupakan wujud nyata dari aktivitas diseminasi hasil penelitian. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan mutu penelitian, terutama berhubungan dengan kepentingan lokal, penguatan metodologi dan untuk berbagai kegiatan publikasi

Kegiatan penelitian dan Pengabdian kepada masysrakat bersama dosen dan mahasiswa.

Dalam setiap kegiatan penelitian dan pengabdian dosen selalu mengikutsertakan mahasiswa. Keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dan pengabdian adalah sebagai tenaga survey data, tenaga programer, atau tenaga pendukung penyusunan laporan. Selain itu juga objek dapat dijadikan sebagai tugas akhir mahasiswa sehingga akan bermanfaat sekali dalam mempercepat kelulusan mahasiswa.

Banyak dan kualitas kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa.

Kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat banyak yang dilakukan oleh mahasiswa, baik berkaitan dengan penyelesaian tugas akhir atau tidak. Hal ini memberikan catatan tersendiri terhadap hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang ada di Jurusan Teknik Elektro. Kualitas hasil penelitian dan pengabdian masyarakat mahasiswa Jurusan Teknik Elektro telah terbukti mampu bersaing secara nasional. Hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dipublikasikan dan diseminarkan di tingkat nasional dan regional.

Hubungan antara pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan penelitian-penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berhubungan erat dengan pengajaran dalam rangka memberikan aplikasikan materi pengajaran. Dengan materi pengajaran yang diperoleh dalam perkuliahan dapat dijadikan landasan untuk menganalisis permasalahan yang timbul dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

 

Banyak dan kualitas kegiatan penelitian dan publikasi dosen.

Banyak hasil penelitian dari dosen yang dipublikasikan lewat seminar nasional atau regional dan dipublikasikan dalam majalah ilmiah. Hal ini didukung dengan adanya tawaran penelitian untuk dosen sehingga meningkatkan semangat para dosen untuk menjalankan kegiatan penelitian. Selain itu juga didorong oleh kewajiban dosen untuk melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi untuk kenaikan pangkat dan jabatan (butir 17 a borang). Terlebih lagi adanya peningkatan kualifikasi staf pengajar dari jenjang pendidikan  S1 menjadi S2 maupun S3 sehingga pengalaman dalam menulis semakin meningkat.

Hubungan kerjasama dan kemitraan penelitian antar lembaga dalam dan luar negeri.

Hubungan Kerjasama dan kemitraan penelitian  dengan pihak luar semakin terintis sehingga peluang penelitian semakin meningkat. Hal ini dibuktikan terjalin penelitian kerjasama diantaranya dengan PEMDA,  PT. PLN, Konsuil dan bahkan dari Perguruan Tinggi lain seperti ITB. Hubungan kerjasama dengan pihak luar kebanyakan karena adanya hubungan baik antar personal yang kemudian dilembagakan.

Kualitas dan kurun waktu penyelesaian tesis (termasuk proses penulisan Skripsi dan pembimbinganya).

Kualitas skripsi /tugas akhir mahasiswa sangat tergantung dari keilmuan yang dimilikinya, keuletan dan kesabaran mahasiswa. Kualitas mahasiswa Jurusan Teknik Elektro dalam penguasaan ilmu dibidang teknik elektro salah satunya dari hasil tugas akhir yang dibuatnya. Waktu penyelesaian tugas akhir adalah 6 bulan yang dimulai sejak proposal disetujui oleh Pembimbing dan Koordinator tugas akhir. Pelaksanaan tugas akhir mahasiswa dibimbing oleh dua Pembimbing yang dibuktikan dengan kartu bimbingan tugas akhir. Dengan kartu bimbingan tugas akhir semua aktifitas selama tugas akhir dapat diketahui dengan cermat.

Publikasi hasil penelitian, karya inovatif, dan rangkuman tesis.

Semua hasil penelitian, karya inovatif dan skripsi mahasiswa dapat dipublikasikan dengan media Seminar regional, nasional dan internasional, atau diterbitkan dalam majalah ilmiah yang tersedia baik di jurusan, fakultas dan univer­sitas, serta majalah ilmiah dari universitas lain.

Produk Program studi berupa model-model, hak paten, hasil pengembangan prosedur kerja, produk fisik, sebagai hasil penelitian.

Produk dari hasil penelitian di Jurusan Teknik Elektro berupa model, analisa, simulasi, prototipe, dan produk terapan yang akhirnya memberikan sumbangan pemikiran terhadap kasus yang timbul atau membantu dalam pemecahan suatu masalah. Meskipun sudah ada satu produk masal yang digunakan oleh PT. PLN, akan tetapi belum ada dari hasil penelitian yang dipatenkan, demikian juga ada produk yang telah digunakan oleh PEMDA, tetapi tidak dipetentkan.

cara menghilangkan jerawat cara menghilangkan bekas jerawat cara menghilangkan komedo obat herbal diabetes obat herbal kanker payudara obat herbal stroke sekolah saint monica jakarta sekolah saint monica jakarta sekolah saint monica jakarta sekolah saint monica jakarta sekolah saint monica jakarta sekolah saint monica jakarta sekolah saint monica jakarta sekolah saint monica jakarta sekolah saint monica jakarta cara mengecilkan perut setelah melahirkan manfaat tomat untuk menghilangkan jerawat manfaat buah alpukat untuk kulit manfaat buah pepaya untuk kecantikan manfaat buah untuk kulit manfaat pepaya untuk jerawat obat asam urat desain interior rumah minimalis
multimeter digitalmultimeter digital alat ukur digital jasa kalibrasi alat ukur instrument digital pusat kalibrasi alat ukur industri alat ukur listrik digital jual alat ukur listrik alat ukur alat ukur listrik alat ukur digital jual multimeter digital